Home » » Jember Kekurangan Pemanjat Dinding Cilik

Jember Kekurangan Pemanjat Dinding Cilik

Written By Unknown on Selasa, 03 Juli 2012 | 14.49

koleksi foto
Jember (beritajatim.com) - Jumlah pemanjat dinding cilik atau usia di bawah 13 tahun masih minim, jika dibandingkan daerah lain. Dihadang problem biaya fasilitas.
Minimnya jumlah pemanjat cilik ini bisa dilihat dari partisipan BBJ National Climbing Competition, di alun-alun Kabupaten Jember, 28-30 Juni 2012. Tidak ada satupun dari peserta kelompok umur U-13 putra yang berasal dari Jember. Mereka rata-rata berasal dari Surabaya
, Lamongan, Sidoarjo. Kompetisi ini digelar dalam rangka Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ).
Sementara untuk kategori kelompok usia U-13 putri, ada tiga atlit cilik Jember yang berlaga. Mereka bersaing dengan peserta dari Surabaya dan Blitar. Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Jember, Anang Sugiarto, mengakui minimnya sumber daya atlit cilik itu.
"Secara umum problemnya, cabang olahraga ini butuh biaya mahal. Namun FPTI memberikan dukungan beberapa perlengkapan umum," kata Anang.
FPTI dibantu oleh sejumlah klub dan organisasi pecinta alam yang memiliki fasilitas dinding panjat. Dinding panjat tersebut bisa digunakan untuk berlatih. "Sementara perlengkapan tali kami fasilitasi," kata alumnus SMA Negeri 1 Surabaya ini.
Namun Anang bisa agak bernapas lega. Dari jaringan perkawanan, beberapa orang mulai berminat menitipkan putra-putri mereka untuk dibina. FPTI sendiri saat ini berkosentrasi melakukan pembinan untuk atlit kelompok usia U-19. Dalam peta cabang olahraga panjat dinding, Jember bersaing dengan Surabaya, Lamongan, Blitar, dan Probolinggo.
Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Jember Sugiarto yang membuka kompetisi, berharap, acara itu bisa menjadi ajang silaturahmi mahasiswa dan pelajar luar Jember. "saya berharap kompetisi ini nanti bisa melahirkan atlet-atlet panjat dinding yanh handal dan profesional, di tingkat nasional bahkan internasional," katanya. [wir]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sports.net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger